sejarah pecahnya SH WINONGO dan SH TERATE

=SH TERATE DAN SH WINONGO=-
“Setia-Hati” berdiri tahun 1903 oleh Khi Ngabehi Suro Diwiryo.
Akar permasalaha pemicu pertentangan kedua kubu SHT dan SHW adl perbedaan ideologi antara Ki Ngabehi Suro Diwiryo dgn Hajar Hardjo Oetomo(murid eyang Suro).
MENURUT PANDANGAN:
1.Ki Ngabehi Suro Diwiryo
SH bkn tempat wadah perjuangan bangsa untuk pencapaian kmerdekaan,ttpi perkumpulan pencak silat &tdk mmbdakn SARA.
2.Hardjo Oetomo:
-SH adl sarana menggalang persatuan and alat prjuangn pncapaian merdeka.
.:Karena perbedaan tsb Hardjo Utomo mundur dr SH dan ijin kpd Eyang Suro utk mndirikan SH MUDA,tapi oleh Eyang Suro tidak diberi jawaban alias tidak direstui.Karena Eyang Suro mengtahui bhw di Pilangbango diadakn ltihan pencak silat,maka SH MUDA dicap oleh Eyang Suro sbg SH MERAH/SH KOMUNIS, SHM bersiasat mngbh nma mnjdi SH Pencak Sport Club(brgulir thn 1922).
Masalah terjadi dgn Belanda krn kt “PENCAK” tsb,akhirnya brgnti lagi mnjdi SH SPORT CLUB.
Thn 1942 atas inisiatip S.Soerengpati(tkoh Indonesia Muda),SH SPORT CLUB berganti mnjadi SH TERATE.
==================
FAKTA::::
Dari sini dapat dilihat bahwa antar SETIA HATI yang didirikan oleh Eyang Suro dengan SH TERATE adalah berbeda..
Mungkin dapt dktakan bermusuhan atau Penghianatan oleh murid ke Guru.
Jikalau ada yang memgatakan bhw Saudara2 SH TERATE adalah cucu atau saudara Eyang Suro, itu tidaklah benar.
Saudara tua sebenarnya adalah SH PANTI dan SH TUNAS MUDA WINONGO.
Hal itu terbukti bahwa Eyang Suro wafat thn 1944,sepeninggal beliau masih memiliki basis SETIA HATI di desa Winongo dgn murid2 beliau. Sedangkan tahun 1942 SH Jadi2an Hardjo utomo sudah ada di Pilangbango. Jadi dlm kurun waktu tsb tlh berdiri 2 perguruan:
1. SH asli Eyang Suro
2. SH pmbrontak Harjo utomo

))HUBUNGAN SH PANTI DENGAN SH TUNAS MUDA WINONGO((
+SH PANTI(sh surodiwiryan) adalah rumah Eyang Suro yg dahulu digunakan untuk menggembleng ilmu2 SH,Berpusat di daerah Panti,selatan rel kereta Winongo.
*** Sesepuh SH PANTI bapak KOESNI dan Pengasuh SH TUNAS MUDA bapak RDH SOEWARNO mengabdi pada Eyang Suro dari thn1939 dan hingga eyang meninggal, mereka belum dikecer. Akhirnya dikecer oleh murid Eyang Suro bernama Hadi Soebroto.
Perlu diketahui oleh kadang sh Terate,bahwa BapakRDH Suwarno bukanlah PENDIRI SH Tunas Muda Winongo, melainkan PENGASUH.

MENGAPA BERNAMA SH TUNAS MUDA DAN AKTIF TAHUN 1965?
-SETIA HATI Asli( bukan PSHT) sejak thn 1964 mngalami kemunduran dan tidak begitu aktif.
Dikarenakan berkurangnya pnrimaan murid baru, sebagian saudara SH sudah sepuh,bahkan meninggal.
Dikhwatirkan SH Asli akan mnglmi kpunahan,utk mnghindri hal tersbut, thn 1965 15 oct Bpk RDH Soewarno mngaktifkn kmbli kegiatan SETIA HATI.
Ini tentunya juga mndapat pngkuan dan persetujuan dari pihak SH PANTI,dapt dketahui bhwa SH PANTI mngijinkan pemakaian simbolnya pada SH Winongo ini.
Karena aktif dlm bntuk organisasi dan mndpt ijin notaris, dlm SHWINONGO disisipkan kata TUNAS MUDA,yang artinya SH yang akan bersinar kembali.
SH PANTI hingga sekarang masih ada dan seluruh organisasi penerimaan anggota,acara Suran Agung dan halal bihalal ditangguhkan kepada SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN.

MENGAPA DALAM PENERIMAA SH TUNAS MUDA HARUS DILAKUKAN PENGESAHAN TERLEBI DAHULU??
-Dengan disahkan,seseorang akan resmi mnjdi Warga. Ilmu2 SH boleh diketahui hanya oleh warga dan dilarang mngjrkan kpd yg bkn warga.
Untuk pelajaran tngkt lnjut baik itu akan diikuti atau tdk oleh seorang warga,itu mrpkn ksdaran dr warga tsb. Karena SH tidak ada paksaan.

APA SEBAB ANGGOTA SH WINONGO TIDAK BEGITU BESAR DAN SEPOPULER SH TERATE?
-Hal ini karena siapapun yang akan menjadi warga SH TUNASMUDA WINONGO, maka diwajibkan untuk langung datang ke pusat d Madiun dan dikecer langsung, SH TUNAS MUDA tidak membuka cabang dimanapun.

sh winongo tetap jaya http://ithonk-wahyu.blogspot.comhttp://ithonk-wahyu.blogspot.com

76 komentar:

  1. Cerita ngarang.mngapa anda menebar provokasi dngan membuat2 cerita. bagaimana dengan perselisihan Eyang Suro dngan pendiri SHW..bagaimana mati suri SHW dll.. Judul diatas tdak menunjukan sedikitpun isi tulisan anda dan yng lebih parahnya lagi..kalimat2 anda tidak mencerminkan sebagai jiwa SH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklumi aja ya sh winongo itu ssangatlah lemah.

      Hapus
    2. sesama seniman jangan saling provokasi dong bos...
      betul tuh IlyasPaSHTer anda tidak mencerminkan jiwa SH sjati...........................!!!!!!!!!!!

      Hapus
    3. Saudara - saudaraku .....
      kita hidup bukan untuk membanding - bandingkan antara yang satu dengan yang lain. Kita lihat seperti apa diri kita sendiri, dengan memandang orang lain salah belum tentu kalau diri kita benar. Apalagi soal sejarah, itu sangat penting...... namun apakah saudara" tahu dengan sebenar benarnya kebenaran sejarah itu? Mereka yang tau etika dan mereka yang tau kebenaran seperti apa kita harus berbuat, mereka yang tau benar dan salah tidak mungkin akan semudah itu menyalahkan maupun membenarkan sesuatu hal tanpa mengkaji lebih dalam lagi.
      Jadi marilah kita introspeksi diri kita sendiri" saudara". Dalam diri manusia terdapat sisi negatif dan positif, dimana itu dapat digambarkan seperti 2 sisi mata uang, yang keduanya saling melengkapi. Dan sebagai khalifah di bumi, tugas kita meminimalisir sisi negatif tersebut agar kita bersama - sama bisa "MEMAYU HAYUNING BAWANA".

      Hapus
  2. percuma sh winongo gak buka cabang karena tajut di drop SH TERATE karena sh winongo itu sangatlah lemah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari komentar anda, tercermin seperti apa jiwa anda...

      sama sekali gak tercermin seorang yg brjiwa SH

      Hapus
    2. lemah bukan berrti kalah bro, dari pada kuat luar,a tp dalamnya.... CACAD

      Hapus
    3. AKU ORANG MADIUN ASLI KELUARGAKU ADA SH WINONGO DAN AKU SENDIRI SH TRATE TIDAK MEMBANDING2 KAN

      Hapus
    4. Lemah bukan berarti kalah.

      Hapus
  3. kita sama soB gX usah saling MenCela dah...
    satu bangsa,satu tanah air.satu bendera.....kita semua saudara................

    BalasHapus
  4. sudah lh, untuk apa kita sling ejek di dunia maya sperti ini...
    gk ada gunanya, damai aja saudara" SH,..
    SH Terate dan SH Winongo tetap 1 bapak, tetap 1 jurus, tetap 1 pencak silat, dan tetap 1 hati...
    kita lahir dari 1 Hati "Sedulur Tunggal Kecer"
    coba saudara" sekalian bayangkan kalau smpai SH Terate dan SH Winongo bersatu kembali, gk kebayang besarnya Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati nantinya,..
    mohon di rengunkan untuk saudara" smua,. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda,
      mari lah kita bersatu SH TERATE dan SH WINONGO,
      klau kita bersatu tidak akan ad perguruan lain yg bisa menandingi Perguruan PERSAUDARAAN SETIA HATI ,,,,,...

      Hapus
    2. ya sob, saya percaya terate dan winongo bersatu menjadi yang terbesar dinegri ini . tapi jangan ada kata ngedrop atau memusuhi yang lain karena setiap perguruan saya meyakini mengajarkan kebaikan. sifat luhur itu andap asor ketika berisi ( ilmu padi ) saling menghormati dan menerima perbedaan...

      Hapus
    3. omong kok di sini.. biar semua dengar dan tahu klo km pahlawan kesiangan.. ngomomg pake mobil pake microfon keliloing indonesia.. biar semua bisa dengar... 1903

      Hapus
  5. 1922 .. salam persaudaraan. Sesungguhnya damai itu indah.

    BalasHapus
  6. Pencak silat kok ya senengnya tawuran..!! aneh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu oknum yg gak bertanggung jawab,jangankan pencak silat ,suporter,bahkan para pemimpin kita pun sama sperti mereka.kalau mnrut sya kmbli kpd pribdinya msing2 hidup di dunia ni mau cari musuh/teman

      Hapus
  7. saya tanya dari sesepuh PSHT dan SH winongo mereka bilang begini "semua itu sama baik dan benar PSHT maupun SH winongo yang membuat rusak itu generasinya yang tidak bertanggung jawab"
    salam psht dan sh winongo

    BalasHapus
  8. Hanya mengingatkan buat saudara semua, Apa yang kita tuliskan disini kelak akan dimintai pertanggungjawaban.

    BalasHapus
  9. jangan lah mencela, kaji diri anda , bila mana kamu seorang muslim jangan samakan, lambangkan diri kalian dengan binatang atau tumbuhan, murwanto banten

    BalasHapus
  10. Eh w tahun ni mau msuk psht. Tekat udah mantap nih dan di tambah ambisi yng besar,,, doa dan kesabaran insyaallah... AQ kuat,,, tadinya sih di ajak tman... Eh malah ku suka liat gerakannya dan mulai ada tekat... Tapi umur w dah16an nih baru amatiran,, kasian gue,,;(

    BalasHapus
  11. setia hati.....! apakah itu apakah mengunakan buah karya seseorang yg kau katakan eyang untuk slaing menyakiti....,? apakah berlati dan menjadi angota hanya untuk menyombongkan dirimu....,? apakah kalian yakin setelah sah menjadi warga atau mendapat bekal ilmu berla diri itu kalian sudah jadi yg terkuat....,? raga adalah kosong tanpa batin yg berisi. batin yg berisi tentu badan pun berisi...! jadikanlah wrisan leluhur kita yg memiliki ajaran yg luhur dan suci, menjadi apa yg di pesankan sebelum wafatnx eyang kita eyang suro....! tapi apa sekarang hanya karna kesombongan kalian saling berpecah belah antara sh satu dan yg lain....! ingatlah tak ada daya upaya kekuata tanpa restu dari allah....! karna segala sumber kekuatan hanya ada pada allah semata....! sbagi contoh apakah kamu mampu menang dalam pertarungan jika kamu sedang sakit demam misalnx....,? jika musuhmu sehat dan memiliki kemampuan setara dganmu....!

    BalasHapus
  12. Sh winongo g sah omong d buktikne ae....
    Wie crita krangannn d buktiin neg klangann wae

    BalasHapus
  13. WINONGO & TERATE ADL KAKAK BERADIK

    BalasHapus
  14. Darimana sumber cerita tsb. Apa cuma copy paste dari blog2 lain yg belum pasti kebenarannya.
    Percuma ngaku cucu Eyang Suro kalau saudara tidak pernah mendoakannya.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  16. Wah bahaya nih, cerita fiktif seperti inilah yg bisa memicu bentrok antar organisasi yg bersangkutan, ini sumbernya dari mana ? Hati2 Mas Bro...

    BalasHapus
  17. terate n winongo itu dr satu guru,kenepa harus berselisih
    jangan buat noda leluhur pendiri
    ayo bersatu warga terate n winongo
    sh pasti maju dan kuat

    BalasHapus
  18. Saudara - saudaraku .....
    kita hidup bukan untuk membanding - bandingkan antara yang satu dengan yang lain. Kita lihat seperti apa diri kita sendiri, dengan memandang orang lain salah belum tentu kalau diri kita benar. Apalagi soal sejarah, itu sangat penting...... namun apakah saudara" tahu dengan sebenar benarnya kebenaran sejarah itu? Mereka yang tau etika dan mereka yang tau kebenaran seperti apa kita harus berbuat, mereka yang tau benar dan salah tidak mungkin akan semudah itu menyalahkan maupun membenarkan sesuatu hal tanpa mengkaji lebih dalam lagi.
    Jadi marilah kita introspeksi diri kita sendiri" saudara". Dalam diri manusia terdapat sisi negatif dan positif, dimana itu dapat digambarkan seperti 2 sisi mata uang, yang keduanya saling melengkapi. Dan sebagai khalifah di bumi, tugas kita meminimalisir sisi negatif tersebut agar kita bersama - sama bisa "MEMAYU HAYUNING BAWANA".

    BalasHapus
  19. parah kenapa disitu ceritanya SH TERATE tidak di restui Eyang Suro
    terus SH TERATE bukan Cucu Eyang Suro
    terus SH TERATE ( Murid) musuhi Eyang Suro (Guru)
    ini jelas jelas cerita ngarang
    kalian pastinya sudah tau sapa yang duluan cari gara" setelah membaca postingan ngawur di atas
    mudahan lu di datangi Eyang Suro terus kena T pas di Lehermu

    BalasHapus
  20. jangan ngaku22 penerus anak cucu eyang suro.. dasar pemberontak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dancok,
      sek ngaku2 gwo laher 1903 spo yen ra winongo asu,
      jelas2 di sejarah lahir nya 1966 knp bwa thn 1903 yg di bwa mbh suro,

      Hapus
    2. pun mas damai mawon lak klo gni terus kita gk bsa rukun

      Hapus
  21. dasar tak tahu malu.. bisa nya ngaku22 aja.. lampers22... kelkelkel.. cocok kro impen.. tansah eling lan waspodo loer.,., kelkelkel

    BalasHapus
  22. sabar bro g usah tengkar trus kpan damai x klu gni,sgala sesuatu itu pasti ada jalan keluar x bkan dngan cara kekerasan atau dngan cara yg lain karna perbedaan itu indah apalagi kita ini dr satu sumber SH kalau kita bisa saling menghargai pasti bisa tentram dan rukun

    BalasHapus
  23. Ojok gegeran ae brO! ndesO cOk!

    BalasHapus
  24. sudah sudah.. tidak perlu saling membenci toh para pendahulu kalin tidak pernah mengajarkan untuk saling membenci dan bermusuhan. bukankah kalian diajarkan untuk saling mengasihi, menyayangi, menghormati, menghargai sesama manusia di bumi ini. kalau pada akhirnya kalian masih saja tetap menjujung tinggi permusuhan dan kekrisuhan, so buat apa kalian ikut2 perguruan2 kayak gitu. bikin malu perguruanya saja. kembalilah pada filsuf yang sudah dibangun sesepuh kalian. kembaliah pada kata persaudaraan yang maknanya berasal dari kata se-udara bahwa kita semua ini sama sama manusia yang semuanya menghirup yang namanya udara. kita semua sebenarnya sama. so g perlu ada lagi permusuhan. buat prestasi yang bagus dari apa yang anda dapat dalam ikut organisasi pencak silat tersebut bkinlah bangga orang tua kalian, organisasi kalian, bangasa kalian dan tak lupa agama kalian.
    daripada berdebat mending baca artikel ini Pencak Silat Asli dari Kota Madiun

    BalasHapus
  25. Sudah jelaz,critanya ngarang,ra ngerti sh sok ngerti

    BalasHapus
  26. Cerita diatas persis seperti yang diceritakan oleh seorang sesepuh SH WINONGO yang bertempat tinggal di desa Wayut kec. Jiwan. Perlu diketahui, saya dikecer menjadi warga SH WINONGO TUNAS MUDA pada tahun 1992. Namun saya kurang setuju jika warga SH TERATE dikatakan bukan sebagai cucu murid dari Eyang Suro. Sebab, Bapak Harjo Oetomo, bagaimana pun juga adalah salah seorang murid dari Eyang Suro. Beliau telah belajar silat SH, walau belum sampai pada tataran TUNTAS dalam menguasai JURUS KERAMAT. Catatan : JURUS KERAMAT adalah gerakan jurus asli dari SH, dan bukan jurus pengembangan seperti yang sekarang diajarkan di SH Winongo Tunas Muda maupun SH Terate. Jurus yang hanya diajarkan kepada mereka yang telah naik tataran dari tingkat 1 ke tingkat 2, bergelar AA, singkatan dari AL-AMIN. Jadi, mungkin Pak Harjo Oetomo bisa disebut sebagai murid yang berkhianat, tetapi beliau punya tujuan yang mulia, yaitu menjadikan SH sebagai media untuk melawan penjajah. Kesalahan untuk tujuan baik, saya kira tidak ada salahnya untuk dimaafkan. Mungkin Eyang Suro pun "disana" juga telah memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh Bapak Harjo Oetomo yang tidak memegang teguh komitmen bahwa tidak boleh mengajarkan ajaran SH sebelum dikecer terlebih dahulu oleh Eyang Suro. Untuk Saudara SH Terate, jangan anda menjelek2an kakek guru kalian dengan sebutan seorang PKI, seperti yang pernah saya dengar dulu dari warga SH TERATE ditempat saya dulu tinggal. Kita adalah saudara dengan dibuktikan, gerakan dasar dari jurus yang diajarkan adalah hampir sama.

    BalasHapus
  27. Setia hati terate tetap jaya..
    Untuk semua warga psht tenang dan tetap jaga emosi kalian,karna kita di gembleng bertahun tahun untuk menjadi manusi berbudi pekerti yg luhur agar tau mana yg benar dsn mana yg salah...jadi di sini sudah jelas misi dari psht.buat sedulur dulurku sh terate organisasi kita ini sagat lah besar dunia mengetahi itu,jadi g perlu lah kita meladeni hal hal seperti itu,yg paling penting sekarang tetap lah semangat berlatih dan melatih

    BalasHapus
  28. BUDI ASHTER RANTING SUGIHWARAS CABANG BOJONEGORO mengakatan bahwa apa yg di katakan di atas salah 100% ini cerita singkat dari PSHW bahwa PSHW di dirikan oleh ASUWARNO pada tahun 1965 BUKAN 1903, Terbukti bahwa PSHW itu PKI bahwa pada tahun1965 bertepatan dengan lahirnya G S/30 PKI di MADIUN.. DAN PERLU DI INGAT BAHWA SH PANTI YA SH PANTI BUKAN SH WINONGGO, SH PANTI DI DIRIKAN OLEH EYANG SURO SEDANGKAN SH PKI/WINONGGO DI DIRIKAN OLEH ASUWARNO

    BalasHapus
  29. Pencak silat tu (parcarkan tali silatur rahim)....
    dan eyang tdk prnah mngjarkn kburukn,,mlah d tuntutkn untuk brbudi luhur....
    Kbenaran akan tetep kekal n kburukan hanya brsifat smentara...
    Salam damai dari putu eyang suro 1922 madura....

    BalasHapus
  30. kok saya jadi malu melihat ego....saudara sekalian,...baik saudara SHT maupun SH W,....bermusuhan mempertahankan sejarah kebenaran masing2....yang menjadi titik awal perpedaan...bukannya mempertahankan lembaran baru membina penerus masing2 organisasi. untuk lebih baik...tanamkan sifat persaudaraan yang menjadi pedoman masing2....saling menhargai..dan tolerant...simpan sejarah masing2...dalam artian bukan dihilangkan redam ego anda,saya yakin pengasuh masing2 mengajarkan persaudaraan dan tidak menanamkan sejarah permusuhan ...kalian...harusnya malu dengan bela diri IMPORT...dari luar yang terus berkembang....macam2 jenisnya....jangan heran 20 tahun kedepan atau lebih budaya pencak silat akan terkikis dikit demi sedikit dan punah....dimakan...USIA....atau bahkan parahnya budaya pencak yang baik kita akan dilestarikan orang asing....bukannya anak bangsa yang sibuk bermusuhan,sedangkan di INDONESIA yang ada hanya pencak silat ala hongkong,ala jepang,ala korea,kasihan KI NGABEHI maupun Harjdo utomo,dan BPK. raden Djimat Hendro ....melihat...generasi sekarang taunya saling mengumpat...mencaci....bertengkar layaknya ayam aduan....saya yakin bukan itu tujuan mereka mengajarkan PERSUDARAAN UNTUK anda saudara sekalian...terima kasih ....untuk waktunya...kembalilah pada ajaran Budi Luhur masing DiOrganisasi masing2.....

    BalasHapus
  31. betul itu mas bahwa sh yg asli itu winongo
    terate di ajak damai kok gak mau ,emangnya bangsat itu terate
    jancok terare bawok terate gathel terate kami di sini segenap dari warga pshw madiun

    BalasHapus
    Balasan
    1. kowe cah cilik eroh opo to dek,,, bayi lahir wingi sore

      Hapus
    2. sejarah ngawor . . . . . g tau moco sejarah po pie?

      Hapus
  32. Memang betul kalau setia hati menjadi satu madiun akan menjadi pabrik pencak yang sesunguhnya dan pencak made in madiun ngak akan terkalahkan

    BalasHapus
  33. yang percaya artikel diatas pndah agama..
    ngarang

    BalasHapus
  34. sebelum buat blog baca lg sejarah mas .........lampers22

    BalasHapus
  35. ngacok tuh orang...
    jangan mengubah sejarah bro...
    aku yo 1903
    tp ero sejarah asli...

    BalasHapus
  36. Jancok cok cok..rasah do geger neng dunia maya cok..percuma yo ra entok gelar op op cok..mndeng nek tarung neng reng kono gnah entok juara spo sing mnang..lmprez 22 jayu trus...

    BalasHapus
  37. otak kalian hanya tengkar. sangat membuat malu dan mencemarkan nama PSH. jika kalian mngakui drI kalian SETIA HATI jngan sekali2 berulah layaknya hewan ternak bhkn lbh rendah. saya bukan dari PSHT atau PSHW, tp saya dari PSH....jika mnulis harusnya berdasarkn bukti, bgitupun jika berargumen haruslh dengan hati...dan jika eyang suro msh hidup pasti anda sudah di delete. mhon renungkn .thanks

    BalasHapus
  38. aneh blog iini jadi tempat saling menjelekkan satu sama lain, hadehh emang dpt apa dari perseteruan mending bela negara,jadi pahlawan yang sbenernya lewat bnyak jalur,manusia hidup secara kelompok membaur saling bahu,musuhmu ki wong asing sing arep nguasani indonesia ngertiyo!!! opo seneng negoro dadi pecah? ws kelangan timur2 sing akeh uranium karo cadangan minyak,opo arep dipecah maneh? mung mergo perguruan? ayo podo golek upo,dadi lanang temenan ngopeni kluargo! opo ora ngerti trenggalek dibor rep gawe tambang emas freeport? deso pule,sopo sing bakal soro? rakyat cilik koyo awake,banggalah dengan apa yang terbaik kamu lakukan demi kepentingan agama dan negara!

    BalasHapus
  39. wadh .....
    sebener nya jangan ngarang cerita lur ..

    cep cep ...
    kita kan sedulr, seharus nya bisa saling bersahabat

    BalasHapus
  40. assalamualaikum wr,wb
    MBAH… saya Ibu siska dari NIAS
    ingin mengucapkan banyak2
    terima kasih kepada MBAH SURO
    atas nomor togelnya yang
    kemarin MBAH berikan alhamdulillah
    ternyata itu benar2 tembus
    MBAH dan berkat bantuan
    MBAH SURO saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu MBAH alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan MBAH
    SURO sekali lagi
    makasih banyak yah MBAH…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi MBAH
    SURO di nomor
    082354640471
    saya jamin 100% tembus
    atau silahkan
    buktikan sendiri
    SEMOGA JP ....



























    BalasHapus
  41. SAYA orang Madiun ASLI dan tinggal di jl.Borobudur dekat jembatatan Nongo Madiun.dan saya tidak membeda bedakan antara PSHT dan PSHW.meskipun kita bermusuhan.PSWT dan PSHW tetap Menjadi satu SH yang Sejati.
    STK.......

    BalasHapus
  42. Dari mana pun kita belajar ilmu silat, pasti mendapatkan ilmu jasmani maupun rohani yang baik.
    Wahai saudara-saudara ku. Kita satukan ilmu yang kita peroleh untuk menjunjung tinggi bamgsa.
    Salam damai dan salam bunga sepasang untuk semua saudara-saudara ku para pesilat bangsa

    BalasHapus
  43. Andai dulu ga ada sh apa kalian akan membanggakan sh??
    Andai dulu tak brdiri pencak silat apa kalian akan jadi pendekar??

    Bukan jiwa persaudaraan jika saling tikam dan hujat...

    Hanya pendekar yg lemah yg meremehkan pendekar lain.

    Bagi kalian pengikut PSHT dn STK apa guru dn panutan kalian mengajari permusuhan ini??

    Saya sndiri saudara seasuhan STK
    Tapi saya rasa smua tak perlu di perpanjang

    "Ajining diri soko lati"..."Ajining raga saka busana"

    Tindak tanduk titi laku
    Yo iku sing dadi penemu.

    Ra kakean polah kwi jiwo pendekar pilih tanding

    Elingo menusngso
    Bakale yo gur mati

    Ra peduli 1903 utowo 1922
    Asalae yo gur podo
    Yo iku banyu mani barang kang ra mbejaji di dol ra payu setali untunge wong putri gelem d titipi

    Wis do ra sah geger

    Salam 1903

    BalasHapus
  44. Ala nyocot kabeh.SH winongo asli wong jowo ilmue yo kejawen dadi jok macem". Karo winongo polae (winongo asli jowo)

    BalasHapus
  45. Saya bukan orang SH terate atau SH winongo... tapi kalau liat orang berantem saya paling benci....kalau memang anda orang setia hati kenapa anda berantem kan aneh....kan silat itu untuk menjaga diri membela diri dr hal2 di luar... ini madiun malah aneh orang silat kok maen keroyokan...seperti silat untuk pamer aja...ini jaman udah jaman perang ekonomi bukan perang adu otot..... kalau ikut pencak y untuk jga2 aja dan menjadi orang kesatria sejati bukan minum arak trs konvoi cari musuh....moga aja cpt damai di dunia pencak silat di indonesia

    BalasHapus
  46. Sing ngawe artikel IDIOT opo maneh sing Koment.... GUOBLOK....

    BalasHapus
  47. salm persaidaraan . klo mmg psht ajaran komunis itu mmg dlu. tp sekarang sy buktikan sy orang teratai yg belajar di kalangan NU (apakah itu komunis menurut anda)guru besar sy ki ahmat tohari yang mengasuh yayasan pondok di ikatrina kota reyog ponorogo. ) sy bs tahlin dan syahadat. berarti dri peradapan msalalu sampai sekarang yng lebih berkembang hnyalah sh teratai. karena di isi oleh berbagai kalangan bangsa.

    BalasHapus
  48. Saya bukan SH .tpi hidup di lingkungan teman2 saya yg SH. Saya dari Tapak Suci. Kalian semua hebat. Kita semua hebat. Kita indonesia.jng biarkan pencak silat buruk di mata dunia.salam

    BalasHapus
  49. Ki koyone seng gae cah stk ra Bener mergane
    Kliru Nek gae cerito abot sebelah,

    BalasHapus
  50. AKU SH
    TP BUKAN SH WIINONGO ATAU TERATAI
    aku lebih benci kalau ada yang memakai nama sh dengan sembarangan. jadi kenapa kalian tidak rukun

    BalasHapus